Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Penebangan Hutan Secara Liar Terhadap Lingkungan

Hutan adalah suatu kawasan yang dipenuhi dengan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Selain dari pada itu hutan juga sebagai tempat tinggal Hewan untuk melangsungkan hidup. Fungsi hutan yang sangat penting adalah sebagai paru-paru bagi dunia, yaitu untuk menyerap karbondioksida (CO2) yang sangat berbahaya bagi manusia dan mampu menghasilkan oksigen (O2) yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Fungsi hutan lainnya adalah sebagai tempat tinggal atau habitat flora dan fauna, sebagai tempat penyimpanan air dan untuk mengatur air pada musim hujan dan musim kemarau serta mampu mengendalikan bencana alam,seperti banjir maupun longsor.

Penebangan  Hutan

Negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki hutan terluas didunia yaitu dengan urutan ke-9 dengan Luas hutan mencapai 884.950 km2 atau sekitar 46.46% Indonesia merupakan kawasan perhutanan. Indonesia memiliki hutan yang kaya akan berbagai jenis pohon yang berkualitas baik, tetapi dengan seiringnya waktu berjalan hutan yang berada di Negara Indonesia menjadi hutan yang sangat terancam di dunia. Mungkin kita bertanya-tanya mengapa bisa begitu ? Semuanya ini terjadi akibat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mementingkan keuntungan sendiri dan menimbulkan kerugian yang mendunia. Akibat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penebangan hutan secara liar atau juga disebut pembalakan liar mengakibatkan banyaknya hutan terkikis di Indonesia. Penebangan liar ini membawa berbagai macam kerugian di Indonesia mulai dari kerugian secara ekonomi maupun secara financial. Dari perspektif yang dilakukan dibidang ekonomi mengurangi pendapatan dan devisa Negara Indonesia mencapai 30 trilliyun pertahun.

Pembalakan liar ini memiliki dampak yang sangat buruk bagi kehidupan manusia, semakin sulitnya alam menyerab polusi diudara seperti karbondioksida yang akhirnya membuat udara tidak segar dan tercemar bahkan mampu menimbulkan Global warming atau Pemanasan global. Bumi semakin panas karena penipisan ozon-zon karena gas-gas yang tak mampu diserap dan diuraikan oleh alam , hasil dari aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan,pertanian, asap dari pabrik, asap kendaraan, pemakaian hairspray pada salon yang mengandung gas. Akibat peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi dari fenomena pencemaran udara didunia dan peningkatan volume karbondioksida menimbulkan berkurangnya sekitar 16 persen terumbu karang di dunia.

Oleh karena itu udara tercemar,menimbulkan penyakit semakin meningkat terutama dibidang pernafasan dan penyakit kulit. Sungguh sangat merugikan bukan,jika alam kita ini tak mampu menyerap partikel-partikel atau gas-gas berbahaya yang tercemar diudara kita ini, karena pepohonan yang tumbuh semakin minim dan semakin hari semakin berkurang karena ingin keuntungan pribadi yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti penebangan liar, pembakaran hutan untuk pembukaan lahan. Itu kerugian dari segi financial yang ditimbulkan oleh penebangan liar ini.

Berikut ini ada beberapa kerugian akibat penebangan hutan secara liar :

1. Penebangan liar atau illegal logging mengakibatkan timbulnya berbagai penyimpangan disektor kehutanan. Salah satu penyimpangan atau kerab disebut anomali terburuk sebagai akibat maraknya dampak kerusakan hutan adalah ancaman proses deindustrilisasi atau penurunan nilai tambah sektor manufaktur atau penurunan kontribusi sektor manufaktur dalam pendapatan nasional dibidang kehutanan.

2. Penebangan liar juga sangat merugikan bagi kelangsungan hidup manusia,karena keberadaan hutan sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan alam. Seperti yang kita ketahui atau yang kita bahas sebelumnya diatas penyebab pemanasan global,yang merupakan salah satu contoh dampak dari penebangan liar ini.

3. Pemasan Global yang kita bahas sebelumnya bukan hanya bersumber dari asap kendaraan tapi juga dipengaruhi oleh keadaan hutan yang tidak seimbang, Kita tahu bahwa tanaman mampu melakukan fotosintesis yang membutuhkan gas karbodioksida yaitu gas hasil buangan manusia lalu diserap oleh tanaman,jadi daun dari tanaman tersebut mampu menetralisir karbondioksida, itu lah sebababnya kenapa hutan disebut paru-paru dunia. Bisa dikatakan seandainya hutan kita di Indonesia masih dalam keadaan terjaga mungkin Global warming tidak akan terjadi.

Adapun dampak dan akibat dari penebangan hutan secara liar diantaranya sebagai berikut :

Terjadinya erosi atau pengikisan pada tanah yang akhirnya mampu mengakibatkan longsor dan kerusakan ekosistem

1. Hilangnya kesuburan tanah, ketika hutan ditebang dengan tidak beraturan atau secara berlebihan mampu mengakibatkan hutan menjadi gundul hingga bisa mengakibatkan matahari terpapar langsung ketanah dan tanah menyerab sinar matahari atau sering disebut sinar Ultra violet terlalu banyak sehingga tanah menjadi sangat kering dan gersang biasa disebut tanah tandus.

2. Turunnya sumber daya air, Ketika pohon-pohon ditebang didaerah tersebut maka daerah itu menjadi gersang, maka tak ada lagi yang membantu tanah menyerap lebih banyak air yang akhirnya mengakibatkan penurunan sumber daya air.

3. Mengakibatkan banjir, ketika hutan terjadi pengundulan,hal ini membuat aliran air terganggu dan menyebabkan air menggenang dan banjir yang mengalir kepermukaan penduduk dan tak mampu menahan dan menyerab air tersebut.

4. Punahnya kenekaragaman hayati, akibat penebangan liar pada pohon yang ada dihutan secara besar-besaran,ada sekitar 100 spesies hewan menurun setiap harinya, keanekaragaman hayati dari berbagai daerah hilang dalam skala yang sangat besar,banyak mahluk hidup,baik hewan maupun tumbuhan telah lenyap atau bisa dikatakan punah dari buka bumi seperti bunga raflesia arnoldi,bunga bangkai,gajah,badak bercula satu,jerapah,orang utan,harimau dan berbagai macam burung.

5. Rendahnya kualitas oksigen, salah satu dampak dari hutan gundul yaitu menurunnya kualitas oksigen, kita tahu bahwa oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia.

6. Pendapatan dan devisa Negara berkurang, hutan merupakan aset Negara karena banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dari hutan sepertinya kayunya.

Maka dari itu setelah kita mengetahui dampaknya marilah kita mulai dari sekarang berusaha untuk menjaga dan melestarikan hutan terutama hutan kita Indonesia,agar tidak terjadi dampak buruk dimasa yang akan datang. Kita saling mengingatkan akan kesadaran kita tentang pentingnya kelestarian hutan dan lingkungan yang terhindar dari pencemar.

Posting Komentar untuk "Akibat Penebangan Hutan Secara Liar Terhadap Lingkungan"