Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Hand Sanitizer menurut WHO untuk Mencegah Corona

Cara Membuat Hand Sanitizer menurut WHO untuk Mencegah Corona - Pada saat ini Keadaan dunia sedang digencarkan dengan adanya virus Covid-19 atau pada umumnya disebut Corona. Banyak orang-orang yang merasa khawatir dengan adanya virus covid-19. Oleh sebab itu,masyarakat memburu habis hand sanitizer di pasaran hingga memborong. Jelas pada keadaan seperti ini Hand Sanitizer merupakan barang penting yang dibutuhkan sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan. Karena memiliki fungsi yang tak kalah efektif dari mencuci tangan pakai sabun untuk mensterilkan tangan pencegah penyebaran Virus corona. Selain caranya yang alternatif, sangat mudah untuk dibawa kemana pun dalam situasi sekarang ini.

Hand Sanitizer atau Handrub adalah sebagian cairan yang dipercaya mampu mengurangi agen infeksi pada tangan. Formulasi yang dikreasikan dalam berbasis alkohol yang disukai banyak orang, karena mampu membunuh 99,9 persen kuman ditangan.
Membuat Hand Sanitizer menurut WHO untuk Mencegah Corona
Berikut rangkuman mengenai bagaimana cara mudah membuat Hand sanitizer sendiri rekomendasi WHO (World Health organization) :

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Rekomendasi WHO 

Cara membuat hand sanitizer yang dilansir dari laman resmi WHO dan Channel Youtube yang mengikuti panduan jurnal yang dipublikasikan WHO

Menurut Standar Eropa EN 12791, kedua formulasi Hand Sanitizer atau handrub yang direkomendasikan WHO telah diuji oleh dua Laboratorium referensi independen di Negara-negara Eropa yang berbeda. Guna menilai kesesuaian mereka untuk digunakan dalam persiapan kebersihan tangan pra-beda.

WHO mengeluarkan dua formulasi untuk membuat hand Sanitizer sesuai standar, dengan hasil akhir 10 liter. Untuk membuatnya, ada beberapa bahan Hand Sanitizer yang Anda butuhkan.
Berikut Bahan-bahan, alat-alat serta prosedur pembuatannya :

Formula 1
  • Ethanol 96% : 8.333 ml
  • Hidrogen Peroksida (H2O2) 3 % : 417 ml
  • Gliserin 98% : 145 ml
  • 1 liter air suling steril bias didapat dengan merbus air dan mendinginkannya atau menggunakan Aquadest
Formula 2
  • Isopropil Alkohol 99,8% : 7515 ml
  • Gliserin 98% : 145 ml
  • Hidrogen Peroksida 3% : 417 ml
  • 1 liter suling steril atau Aquadest
Alat-alat yang dibutuhkan
  • Jerigen ukuran 10 liter
  • Gelas Ukur
  • Batak Pengaduk
  • Corong
  • Botol kecil
  • Handscoon (Sarung tangan)
  • Masker
Prosedur
Pilih Formula hand sanitizer yang anda inginkan dan jangan lupa menggunakan terlebih dahulu APD ( Alat Pelindung Diri ) seperti masker dan handScoon atau sarung tangan agar lebih aman. Hand Sanitizer Formula 1 atau pun formula 2 pembuatan sama namun Takaran yang berbeda.
  1. Pertama ambil jerigen yang telah disiapkan ukuran 10 liter, lalu pilih salah satu formula yang ingin dibuat sesuai Takaran kedalam jerigen (Seperti Ethanol 96% formulasi 1 ataupun Isopropil Alkohol 99,8 % formula 2 )
  2. Lalu Tambahkan Hidrogen Peroksida 3% sekitar 417 ml kedalam jerigen yang berisi Ethanol tersebut.
  3. Selanjutnya tambahkan Gliserin 145 ml menggunakan gelas ukur dan pastikan sisa gliserin tidak tertinggal dengan cara membilasnya dengan air. Karena gliserin bersifat lengket dan kental
  4. Tambahkan Air yang distilasi / Aquadest sebanyak 1 liter
  5. Aduk hingga tercampur rata menggunakan batak pengaduk, lalu tutup rapat jerigen agar alkohol tidak menguap
  6. Pindahkan kedalam botol kecil untuk mempermudah penggunakan sehari-hari
  7. Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol dan hindari penyimpanan pada pajanan sinar matahari langsung
Hand Sanitizer siap digunakan serta praktis dibawa oleh anda dan keluarga kemanapun.

Dengan sudah anda ketahuinya pembuatan hand sanitizer dengan cara alternatif versi WHO, Anda bisa terapkan dirumah pada saat kesulitan mendapatkan hand sanitizer dijual di pasaraan. Sekali lagi ditegaskan Hand Sanitizer hanya sebagai alternative pengganti kesulitan menjangkau air dan sabun untuk mencuci tangan. Tetapi penggunaan yang lebih efektif untuk menghilangkan kuman ditangan adalah mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Bagi anda yang mengunakan hand sanitizer jangan sekali-kali menyalakan api atau kompor dalam keadaan tangan belum kering, karena mampu berbahaya atau memicunya sambaran api dari kompor. Karena yang kita ketahuai hand sanitizer memiliki bahan aktif Seperti Alkohol yang mudah menguap dan Terbakar.

Posting Komentar untuk "Membuat Hand Sanitizer menurut WHO untuk Mencegah Corona"